Senin, 02 Januari 2017

makna hidup

Hidup seseorang merupakan jalan seseorang untuk mendapatkan suatu yang diimpikan. Kadang impian yang diinginkan tidak berujung kepada hasil yang memuaskan. Itulah sebuah kehidupan, kadang hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi seketika dan ada juga yang diinginkan berjalan mulus. Hidup tidak dapat diterka-terka atau ditebak. Karena hidup yang benar berdasarkan apa yang dialakukannya. Seperti kata yang  sering kita dengar bahwa seberapa pengorbananmu sebesar itupula hasil yang akan didapatkan. Tapi kita tidak boleh hanya dengan usaha saja untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Manusia kadang lupa dengan tujuan awal mereka hidup. Tujuan manusia hidup adalah untuk kesejahteraan dunia dan akhirat. Apabila seseorang sudah berkorban atau berusaha sekuat mungkin tapi hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan maka, manusia itu harus berfikir apa yang menjadi penghambat bagi kesuksesannya. Misalnya siswa yang sedang menghadapi ujian, kemudian siswa ini rajin sekali belajar sampai tidak ada teringat dalam benaknya untuk beramain bersama teman-temannya. Sewaktu ujian siswa ini merasa bahwasanya dia telah belajar dengan sungguh-sungguh dan bisa menjawab semua soal ujian yang diberikan. Akan tetapi, hasil yang didapatkan pada saat penbagian nilai ujian, siswa ini mendapatkan nilau yang rendah dari teman yang lain.
Setelah hasil itu diterima oleh siswa yang bersangkutan, siswa ini merasa down atau frustasi dan menganggap tiada gunanya apa yang telah dia belajar. Apalagi dia membandingkan dengan temannya yang memiliki pengetahuan yang tidak lebih daripadanya dengan hasil yang memuaskan. Apabila dilihat dari permasalahan ini kenapa bisa siswa yang rajin bisa tidak mendapatkan hasil yang setimpal dengan yang dilakukannya. Faktor utamanya adalah doa, kadang orang meremehkan doa. Padahal doa itulah yang menentukan kesuksesan seseorang. Seberapa kerja keras seseorang apabila tidak ada bantuan doa maka hasil yang didapatkan merasa tidak memuaskan baginya.
Doa mempunyai kekuatan yang besar dalam kehidupan. Kerja keras tanpa adanya doa maka orang tersebut merupakan orang yang sombong dan takabur, begitupula apabila doa tanpa adanya usaha maka sia-sia. Jadi antara usaha dan doa haruslah seimbang. Inilah yang kadanga dilupakan oleh kebanyakan orang. Kebanyak orang yang sudah berusaha sekuat tenaga tapi mendapatkan hasil yang tidak memuaskan akan merasakan kecewa bahkan frustasi. Kadang ada yang menganggap bahwasanya tuhan tidak adil. Padahal yang tidak adil adalah manusia itu sendiri. Hidup didunia ini bukan hanya sekedar hidup untuk didunia saja melainkan hidup didunia ini untuk hidup didunia dan juga untuk diakhirat nanti. Percuma orang yang sukses tapi kurang ibadah kepada Sang Pencipta. Karena hidup didunia ini bukanlah hidup yang kekal tapi setiap orang akan merasakan kematian kelak. Seberapa siapkah orang tersebut untuk akhirat kelak?.

Satu hal yang jarang manusia fikirkan dalam kesehariannya yaitu bersyukur. Bersyukur bukan hanya dengan medapatkan hasil dari usaha yang kita capai saja. Bersyukur itu setiap hari karena rezeki yang didapatkan oleh manusia bukan sekedar rezeki yang berbentuk materi saja melainkan seperti kesehatan merupakan rezeki juga yang harus disyukuri. Apabila seseorang tidak sehat maka tidak akan bisa menjalankan aktivitas kesehariannya. Kesehatan merupakan rezeki yang sangat berharga bagi manusia. Jadi intinya perbanyaklah bersyukur, dengan bersyukur kita akan dapat berkah dari kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar