Senin, 28 April 2014

hasil laporan kkkn

LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA SEMESTER ANTAR WAKTU
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Laporan                     : Individu
Model KKN               : Reguler 1 Antar Waktu
Dusun                         : Karasan
Desa                            : Jetis
Kec./ Kab.                  : Juwiring / Klaten
Propinsi                      : Jawa Tengah
 









Disusun oleh :
   Nama                          : Ricky Aditya Dwi Prasetya
No. Mahasiswa          : 09421006
Jurusan/ Fakultas      :Hukum Islam / FIAI

PUSAT KULIAH KERJA NYATA
DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA
2012




KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr.Wb

            Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan dan membuat laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Indonesia (UII) Antar Waktu Tahun 2011/2012 di Dusun Karasan, Jetis, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pelaksanaan program KKN yang telah penulis selesaikan.
Penulis menyadari bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dan penyusunan laporan ini tidak lepas dari bimbingan, dorongan dan bantuan baik materi maupun non materi dari berbagai pihak, sehingga program-program yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Oleh karena itu perkenankanlah saya menghaturkan ucapan terima kasih kepada:
1.      Allah SWT, atas segala rahmat, hidayah, kesehatan dan kemudahan-kemudahan yang telah diberikan.
2.      Kedua orang tua tercinta Bapak Djohari dan Ibu Hj. Nurdelly terima kasih atas do’a yang selalu dipanjatkan di setiap sujud, yang senantiasa menguatkan langkah anakya. Terima kasih karena telah mengajariku arti kesederhanaan yang bisa membuatku mengerti akan kehidupan yang sebenarnya.
3.      Kakakku dan Adikku (Delry Nugraha, Risma Fidya, Rayyan) yang telah banyak memberi dorongan.
4.      Bapak Prof., Dr., Edi Suandy Hamid, selaku Rektor Universitas Islam Indonesia.
5.      DPPM UII yang telah menjadi wadah pengabdian kami kepada masyarakat.
6.      Ibu Dra. Suhartini, M. Si.selaku Kepala Pusat KKN DPPM UII.
7.      Bapak. Setya Winarno, Ph.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan
8.      Bapak M.Ichwan, SE selaku Asisten Dosen Pembimbing Lapangan.
9.      Ibu Supardi beserta keluarga selaku tuan rumah yang telah banyak direpotkan.
10.  Bapak Suwardi selaku kepala Dusun Karasan yang selalu membantu dan memberi dorongan di setiap kegiatan.
11.  Seluruh pimpinan RT dan RW di Dusun Karasan
12.  Mas Syahrono selaku ketua pemuda di dusun Karasan yang telah ikut mendorong dan mendukung atas terlaksananya program KKN.
13.  Santriwan dan santriwati TPA yang selalu memberi semangat dengan wajah-wajah ceria mereka.
14.  Mas dan Mbak Pengajar TPA Al-Muttaqin yang telah memberikan waktu dan tempat untuk bekerja sama dan belajar berdakwah.
15.  Seluruh pimpinan dan warga masyarakat Dusun Karasan atas kerjasamanya.
16.  Temen-temen KKN unit 04 senasib sepenanggungan (Denny, Ade, Johry, Yunus, Regina, Marza, dan Septiana) yang selalu ramai dengan Tawa Canda dan Gosip-Gosip hangatnya.
17.  Semua pihak yang membantu, sehingga KKN ini dapat berjalan lancar.
18.  Seluruh warga masyarakat desa Jetis, terima kasih atas kerja sama dan bantuannya.

Menyadari sepenuhnya bahwa dalam pelaksanaan KKN tersebut terdapat banyak kekurangan dan kekhilafan, untuk itu penulis mohon maaf  yang sebesar-besarnya. Semoga program kegiatan KKN ini dapat bemanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Karasan. Amien.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                        Klaten, 5 Agustus 2012
                             Penyusun,


                                                           
                                                                                                             Ricky Aditya


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..…………………………………………………………….....1
SURAT KETERANGAN SELESAI………………………….………………….......2
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………..........3
KATA PENGANTAR…………………………………………………………... ......4
DAFTAR ISI…………………………………………………….……………….......6
ABSTRAKSI……………………………………………………...............................7
BAB I
PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN……………………...................................8
1.1  OBSERVASI.............................................................................................8
1.2  Pelaksanaan Kegiatan...............................................................................11
1.3  Program Unit............................................................................................19
1.4  Pelaksanaan program kegiatan bantu.........................................................21
1.5  Rekapitulasi Jam.......................................................................................23
BAB II
PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA………………………….................. 24       
BAB III
PENUTUP………………………………………………………………................27
3.1 KESIMPULAN......................................................................................27
3.2 SARAN-SARAN...................................................................................28
3.3. REKOMENDASI..................................................................................29
LAMPIRAN        …………………………………………………………….........30









ABSTRAKSI

Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan yang berbentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap masyarakat atas dasar amanat Rapat Koordinasi Kerja Universitas Islam Indonesia yang telah menggariskan bahwa Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia tetap menjadi aktualisasi Catur Dharma Universitas Islam Indonesia, terutama misi Dakwah Islamiyah. Kerja sama mahasiswa sebagai pelaksana Kuliah Kerja Nyata bersama masyarakat sangat penting untuk mensukseskan KKN.
            Lokasi Kuliah Kerja Nyata unit04 ditempatkan di Dusun Karasan, Jetis, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Masyarakat di dusun Karasan   Ini merupakan suatu komunitas masyarakat mayoritas petani,buruh tani, dan peternak dengan beragam tingkat pendidikan. Rasa kekeluargaan, rasa kegotongroyongan serta rasa solidaritas yang tinggi antar warga kental terlihat, setiap tingkatan memiliki organisasi tersendiri, ada TPA sebagai wadah penggemblengan anak-anak meskipun sempat vakum karena faktor pengajar yang sibuk juga dengan pekerjaannya masing-masing, rapat hansip se- Jetis yang dilaksanakan setiap 35 hari sekali, perkumpulan ibu-ibu PKK yang  mewarnai kehidupan dusun Karasan.
            Dari pengamatan yang kami lakukan, dapat diambil beberapa point penting bahwa di lingkungan masyarakat ini masih memerlukan beberapa pembenahan di sektor fisik maupun non fisik. Maka dari itu, penulis mencoba untuk melakukan beberapa pendekatan kondusif khususnya di bidang Pendidikan yang bertujuan sebagai penyeimbang kemajuan di dusun Karasan.
   Oleh karena itu kami mencoba untuk membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan dan program studi yang telah penulis tempuh. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan antara lain Bimbingan Baca tulis Al Qur’an, pembelajaran B.arab Anak-anak TPA, dan Membuat perpustakan Islami di Musholla.





BAB I
PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN

1.1              Observasi.
Sebelum penulis menyusun dan melaksanakan program yang akan dijalankan, alangkah baiknya mengetahui bagaimana keadaan masyarakat di lokasi KKN, Dusun Karasan. Langkah awal yang penulis lakukan adalah melakukan observasi. Observasi yang dilakukan adalah untuk mengetahui situasi dan kondisi masyarakat di lokasi KKN. Observasi tersebut meliputi pengamatan tentang kehidupan masyrakatnya, mata pencaharian, tingkat pendidikan, keadaan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat tersebut. Di samping observasi, penulis beserta rekan-rekan KKN Unit 04 juga melalukan pendekatan lain yaitu wawancara dan tanya jawab, wawancara ini ditujukan ke beberapa tokoh masyarakat dan para pemuda warga Karasan.
Dari hasil wawancara dan tanya jawab dengan Bapak dan Ibu Dukuh, Bapak dan Ibu RT dan tokoh masyarakat diperoleh informasi diantaranya :
1.      Dusun Karasan Terdiri dari 80 KK, dibagi menjadi 2 Rt dan 1 Rw, mayoritas pekerjaan warga dusun adalah petani, pembuat batu bata, dan buruh tani.
2.      Kegiatan di dusun Karasan alhamdulillah berjalan dengan lancar tetapi belum berkembang, masih stagnan.
Sedangkan dari wawancara dan tanya jawab dengan Tokoh Masyarakat diperoleh informasi :
1.   Pusat seluruh kegiatan didusun Karasan dilakukan di balai desa dengan kondisi yang masih kurang dalam hal sarana dan prasarana.
2.      Hampir seluruh warga masih hidup kurang mampu
3.      Ekonomi masyarakat kebanyakan menengah kebawah.
4.      Belum maksimalnya pengenalan komputer kepada warga
5.      Masih kurang mengetahui bagaimana sikat gigi yang benar
6.      TPA di Musholla masih kekurangan tenaga pengajar

1.1.1. Waktu Pelaksanaan
 Dalam pelaksanaan observasi, wawancara, dan penyusunan rencana program ini dilakukan dengan cara kontak dengan tokoh masyarakat, Pengumpulan data serta analisis lapangan, yang dilaksanakan pada tanggal :
Tabel 1. Rincian Kegiatan Observasi
No.
Hari, Tanggal
Waktu Pelaksanaan
Uraian Kegiatan
Lokasi
Durasi
1.
Senin, 9 Juli 2012

16.00-17.30
Dilanjutkan
20.00-22.30
Observasi mencari data dan informasi tentang potensi masyarakat dusun Karasan dan dengan Bapak Sri Sumedi beserta perangkat desa lainnya
Rumah Bapak Wasit dan Rumah Bapak Sugiarto
4jam
2.
Selasa, 10 Juli 2012
16.00-17.30
Dilanjutkan
19.30-21.00
Observasi, wawancara dan perkenalan serta mencari informasi kebutuhan dan rangkain kegiatan rutin masyarakat dusun Karasan, dengan Bapak Wagimin selaku Ketua RW. 06 Jetis

Rumah Bapak Wagimin
3 jam
3.
Rabu, 11 Juli 2012

15.30-17.30
Dilanjutkan
19.00-20.30
Observasi, wawancara dengan Ketua PKK seputar kegiatan PKK di Dusun Karasan serta wawancara dengan bapak ketua RT
Rumah Ibu Winarni dan Posko KKN unit 04
3Jam30 Menit
4.
Kamis, 12 Juli 2012

19.30-20.30
Dilanjutkan
21.00-22.00
Observasi, wawancara dengan KetuaRT 01 dan ketua pemuda RW 06 desa Jetis
Rumah Bapak Sugimin dan Rumah bapak Sarono
2 Jam
Total Jam
12 Jam 30 menit


1.1.2. Penyusunan Program Kegiatan
Setelah mendapatkan data-data dan informasi yang lengkap maka penulis mulai menyusun program kegiatan yang sekiranya penulis mampu melaksanakan dan berguna bagi masyarakat. Dari data-data dan informasi yang ada yaitu pengembangan TPA yang di dalamnya terlibat santriwan/i, kader-kader pangajar TPA Muttaqin.
Akhirnya penulis merujuk untuk membuat program kegiatan yang nantinya akan penulis laksanakan, yaitu Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an, Program pembelajaran Bahas Arab anak-anak TPA, dan pembuatan perpustakaan Islami di Musholla.



Sosialisasi
Setelah manjalani masa observasi, maka kami mulai mensosialisasikan program-program individu dan unit. Sosialisasi dilaksanakan secara langsung kepada tokoh masyaraka Dusun Karasan  pada hari selasa, 17 juli 2012 pada pukul 19.00-21.30 WIB yang bertempat posko Unit 04. Dalam kesempatan itu, kami menjelaskan mengenai program individu dan unit yang nantinya akan dilaksanakan di Dusun Karasan sekaligus meminta perizinan mengenai pelaksanaan program individu mapun program unit, dan warga masyarakat pada umumnya memberi respon yang positif dan setuju atas semua  program-program unit dan individu yang akan kami laksanakan.
Setelah sosialisasi terlaksana maka disusunlah jadwal untuk pelaksanaan program dalam bentuk matriks kegiatan.
Adapun progarm individu yang disepakati adalah :
1.      Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an.
2.      Pembelajaran B.Arab Anak-anak TPA.
3.      Pembuatan perputakaan Islami di Musholla.
Berikut adalah rencana program menurut matriks kegiatan :
1.      Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an.
Tanggal 18 Juli, 19 juli, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27 Juli 2012 dilaksanakan di Musholla Al-Muttaqin.
Pukul               :15.30-17.30 WIB.
Tempat            : Musholla Al-Muttaqin.
2.      Pembelajaran B.Arab Anak-anak TPA.
Tanggal 24 juli, 25 juli, 26, 27 Juli  2012 dilaksanakan di Posko Unit 04.
Pukul               : 08.30-11.00 WIB.
Tempat            : Posko Unit 04.
3.      Pembuatan Perpustakaan Islami Di Musholla.
Tanggal 19 juli, 22 juli, 26 juli 2012
Pukul               :  13.00- 14.30 WIB
Tempat            : Posko Unit 4

Pra Pelaksanaan
Sebelum penulis melaksanakan Program yang ingin dilakukan, penulis melakukan beberapa persiapan untuk memudahkan melaksanakan program yang ingin penulis laksanakan adapun rincian persiapan yang penulis lakukan sebagai berikut:

Tabel 2. Rincian Pra Pelaksanaan Program

No
Hari tanggal pelaksanaan
Waktu pelaksanaan
Persiapan
Lokasi
Jumlah jam
1.
Selasa, 17 juli 2012
19.30-21.30
Sosialisasi Program unit dan individu
Posko Unit 04
2 jam
TOTAL JAM
2 JAM

1.2              Pelaksanaan Kegiatan
1.2.1        Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an
1.2.1.1       Deskripsi Kegiatan.
Sesuai dengan aspek yang ada pada kegiatan KKN ini salah satunya yaitu Dakwah Islamiyah dan Pendidikan (DIP) maka perlu diadakan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an, tujuan diadakannya program ini untuk meningkatkan pemahaman anak-anak TPA mengenai pembelajaran agama islam khususnya membaca Al Qur’an dan menulisnya, Program ini diadakan sore hari di Musholla Al-Muttaqin.
Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an ini berisi tentang pembelajaran seputar agama islam yang berkaitan dengan ibadah Mahdho dan Ghoiru Mahdho.
Mayoritas anak-anak TPA berasal dari warga sekitar Musholla yang menginginkan adanya wadah pendidikan keagamaan untuk melanjutkan pendidikan keagamaan setelah pendidikan keluarga dan pendidikan formal seperti sekolah yang dikelola oleh negeri ataupun swasta.

1.2.1.2                                            Waktu Pelaksanaan.
Tabel 3. Rincian Pelaksanaan Program 1
No
Hari, Tanggal Pelasanaan
Waktu Pelaksanaan
Lokasi
Jumlah Jam
1
Rabu, 18 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
2
Kamis, 19 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
3
Jum’at, 20 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
4
Sabtu, 21 Juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
5
Minggu, 22 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
6
Senin, 23 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
7
Selasa, 24 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
8
Rabu, 25 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 jam
9
Kamis. 26 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
10
Jum’at, 27 juli 2012
15.30-17.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
TOTAL JAM
20Jam

1.2.1.3    Kendala dan Penyelesainnya
Alhamdulillah, dapat dikatakan program ini berjalan dengan tujuan semula sesuai dengan permintaan para pengurus TPA. Beberapa kendala yang penulis temukan tidaklah menjadi penghalang hanya saja kendala itu dapat mengubah pelaksanaan program ini.Diantaran kendala tersebut: anak-anak yang sulit untuk diatur. Di dalam matrik program kegiatan tertera ada beberapa pertemuan diluar program rencana, namun mengingat antusiasme masyarakat dan kebutuhan wawasan Baca Tulis Al Qur’an sehingga penulis berinisiatif menambah jam pertemuan dan hal tersebut ditanggapi dengan antusias oleh peserta.
1.2.1.4 Dokumentasi

Fofo : TPA Musholla Al-Muttaqin


1.2.2        Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA
1.2.2.1              Deskripsi Kegiatan.
Sesuai dengan aspek yang ada pada kegiatan KKN ini salah satunya yaitu Dakwah Islamiyah dan Pendidikan (DIP) dan UII juga mengadakan beasiswa untuk mahasiswa yang ditempatkan di pondok pesantren UII, maka perlu diadakan Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA, tujuan diadakannya program ini untuk mengenalkan Anak-anak TPA Bahasa Arab dasar, Nahwu, dan shorf Program ini diadakan pagi hari di posko unit 04
Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA ini berisi tentang pengenalan Bahasa Arab dasar seperti kata sapaan, nama-nama benda DLL, dan juga mengajarkan pelajaran nahwu dasar agar dapat mengetahui serta membaca bahasa Arab yang tanpa Harakat.
Mayoritas peserta Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA berasal dari warga sekitar Musholla yang berpendidikan SD, dan SMP disekolahnya tidak diajarkan Bahasa Arab.
1.2.2.2           Waktu Pelaksanaan
Tabel 4. Rincian Pelaksanaan Program 2
No
Hari, Tanggal Pelasanaan
Waktu Pelaksanaan
Lokasi
Jumlah Jam
1
Selasa, 24 juli 2012
08.30-11.00
Posko Unit 04
2,5 Jam
2
Rabu, 25 Juli 2012
08.30-11.00
Posko Unit 04
2,5 Jam
3
Kamis, 26 juli 2012
09.00-12.00
Posko Unit 04
3 Jam
4
Jum’at, 27 Juli 2012
09.00-11.00
Posko Unit 04
2 Jam
Total Jam
10 Jam

1.2.2.3           Kendala dan Penyelesainnya
Kendala yang dialami penulis dalam melaksanakan program ini tidak begitu banyak, penulis hannya mengalami kesulitan dalam menentukan waktu pelaksanaan.
Pada dasarnya program ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa arab dasar kepada anak-anak di TPA yang di sekolah tidak mendapatkan pelajaran Bahasa Arab.
1.2.2.4                Dokumentasi
Foto : Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA
1.2.3        Program Pembuatan Perpustakaan Islami di Musholla.
1.2.3.1              Deskripsi Kegiatan.
Musholla adalah tempat berkumpulnya umat Islam. Setiap waktu beribadah seluruh warga beramai-ramai untuk sholat berjama’ah. Musholla sebenar nya bukan hanya untuk sholat 5 waktu saja akan tetapi disana juga anak-anak TPA mendalami ilmu keagamaan. Dari pada itu setiap orang yang mau pintar maka dia harus selalu membaca. Seperti surat yang diturunkan pertama kali oleh Allah SWT yaitu surat Al-‘Alaq yang berbunyi Iqra’ yang artinya bacalah.
Program ini bertujuan agar semua masyarakat di Dusun Karasan gemar membaca. Buku-buku yang diperoleh bersifat Islami yang mana pembaca dapat mengetahui tentang Islam dari kehidupan sehari-hari. Perspustakaan ini di tujukan agar setiap warga bisa saling berkumpul di musholla dan dapat saling bertukar ilmu mana kala tidak ada kerjaan.

1.2.3.2           Waktu Pelaksanaan
Tabel 4. Rincian Pelaksanaan Program 2
No
Hari, Tanggal Pelasanaan
Waktu Pelaksanaan
Lokasi
Jumlah Jam
1
Kamis, 19 juli 2012
18.30-20.30
Musholla Al-Muttaqin
2 Jam
2
Minggu, 22 juli 2012
10.00-12.00
Pasar Delanggu
2 Jam
3
Kamis, 26 juli 2012
13.00-14.30
Musholla Al-Muttaqin
1 Jam 30 menit
Total Jam
5 Jam 30 menit


1.2.3.3           Kendala dan Penyelesainnya
        Kendala yang dialami penulis dalam melaksanakan program ini adalah banyaknya waktu yang ingin dipakai buat program lain dan juga sulit nya mencari buku2 islami di daerah kecamatan Juwiring.
1.2.3.4           Dokumentasi
Foto : Program Pembuatan Perpustakaan Islami Di Musholla Al-Muttaqin


TOTAL JAM SELURUH PROGRAM INDIVIDU
Ø  Program Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an                   : 20    Jam
Ø  Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA : 10    Jam
Ø  Program Perpustakaan Islami di Musholla                    :   5 Jam 30 menit
Jumlah Jam                                                                 : 35 Jam 30 menit




1.3              Program Unit
Selain menjalankan program individu pelaksanaan KKN ini juga menjalankan program unit, program unit dijalankan bekerja sama antara mahasiswa dan mahasiswi dalam satu unit. Adapun jadwal program unit yang saya ikuti antara lain :
Tabel 6.Program unit
No.
Hari
Tanggal
Waktu
Kegiatan
Lokasi
Durasi
1.
Kamis
26 Juli 2012
20.00-24.00
Pengelompokan Dan Input data kependudukan dr KK
Posko
Unit 4
4 jam

2.
Jumat
27 Juli 2012
20.00-24.00
Pengelompokan Dan Input data kependudukan dr KK
Posko
Unit 4
4 jam

3.
Sabtu
28 Juli 2012
15.00-17.30
Lomba mewarnai 17 Agustusan
Mushola Al Muttaqin
2 jam 30 menit
4.
Sabtu
28 Juli 2012
20.00-24.00
Pengelompokan Dan Input data kependudukan dr KK
Posko
Unit 4
4 jam
5.
Minggu
29 Juli 2012
15.00-17.30
Lomba adzan dan hafalan surat
Posko
Unit 4
2 jam 30 menit
6.
Minggu
29 Juli 2012
20.00-24.00
Pengelompokan Dan Input data kependudukan dr KK
Posko
Unit 4
4 jam
7.
Senin
30 Juli 2012
12.30-15.00
Pendataan warga RW 06
RW 06 Jetis
2 jam 30 menit
8.
Senin
30 Juli 2012
15.30-17.30
Pendataan warga RW 06
RW 06 Jetis
2 jam
9.
Senin
30 Juli 2012
20.00-24.00
Pencocokan data warga RW 06 dengan KK
Posko
Unit 4
4 jam
10.
Selasa
31 Juli 2012
12.30-15.00
Pendataan warga RW 06
RW 06 Jetis
2 jam 30 menit
11.
Selasa
31 Juli 2012
15.30-17.30
Pendataan warga RW 06
RW 06 Jetis
2 jam
12.
Selasa
31 Juli 2012
20.00-24.00
Pencocokan data warga RW 06 dengan KK
Posko
Unit 4
4 jam
13.
Rabu
1 Agustus 2012
20.00-24.00
Pencocokan data warga RW 06 dengan KK
Posko
Unit 4
4 jam
14.
Kamis
2 Agustus 2012
08.00-12.00
Pendataan warga RW 06
RW 06 Jetis
4 jam
15.
Kamis
2 Agustus 2012
20.00-24.00
Pencocokan data warga RW 06 dengan KK
Posko
Unit 4
4 jam
Total Jam
50 jam




I.4        PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN BANTU
I.4.1     Jam Bantu Teman
            Program bantu teman merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk membantu teman seunitnya dalam melaksanakan program individunya sehingga tercipta solidaritas yang tinggi antar teman dan juga mempererat rasa kekeluargaan antar mahasiswa.
                        Tabel 7. Rincian Program Bantu Teman
No
Hari dan Tanggal
Jam
Jumlah Jam
Uraian kegiatan
Lokasi
Penanggung Jawab
1
Minggu, 22 juli 2012
12.30-14.30
2 jam
Struktur keorganisasian Musholla dan TPA
Posko Unit 4
Denny Kristiawan
2
Senin, 23 juli 2012
12.30-15.00
2 jam 30 menit
Media menabung
Posko Unit 4
Marza Melinda
3
Selasa, 24 juli 2012
10.00-12.00
2 jam
Penyuluhan menabung
Posko Unit 4
Regina Annisa
4
Selasa, 24 juli 2012
12.30-15.00
2 jam 30 menit
Pelatihan hasta karya
Posko Unit 4
Regina Annisa
5
Jum’at, 27 juli 2012
13.00-15.00
2 jam
Pelatihan hasta karya
Posko Unit 4
Regina Annisa
6
Sabtu, 28 juli 2012
10.00-12.00
2 jam
Penyuluhan menabung
Posko Unit 4
Regina Annisa
7
Sabtu, 28 juli 2012
12.30-15.00
2 jam 30 menit
Pelatihan hasta karya
Posko Unit 4
Regina Annisa
8
Minggu, 29 juli 2012
07.00-11.00
4 jam
Administrasi lingkungan pembuatan plang
Posko Unit 4
Denny Kristiawan
9
Minggu, 29 juli 2012

12.30-14.30
2 jam
Pelatihan hasta karya
Posko
Unit 4
Regina Annisa
10
Senin
30 Juli
2012
07.00-09.00
2 jam
Penyuluhan program uang palsu
RW 06 Jetis
Marza Melinda

11

Senin
30 Juli
2012
10.00-12.00
2 jam
Pelatihan hasta karya
Posko Unit 4
Regina Annisa

12

Rabu, 1 agustus 2012
10.00-12.00
2 jam
Evaluasi dan pengambilan data akhir pelatihan sikat gigi
RW 06 Jetis
Septian Budhi Indarti

13

Rabu, 1 agustus 2012
15.30-17.30
2 jam
Pengecatan plang gang
Posko Unit 4
Denny Kristiawan

14

Minggu, 5 agustus 2012
10.00-12.00
2 jam
Pembuatan papan peta
Posko Unit 4
Yunus
JUMLAH JAM
31 jam 30 menit

 I.4.2. Jam Bantu Masyarakat
            Yang dimaksud dengan program bantu masyarakat adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan seperti, kerja bakti, pertemuan rutin warga, dan sebagainya. Dalam kegiatan ini mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan warga dan dengan warga di wilayah setempat.

Tabel 8. Rincian Program Bantu Masyarakat
No.
Hari tanggal
Waktu
Kegiatan
Lokasi
Durasi
1.
Sabtu, 14 juli 2012
19.30-22.30
Mengikuti rapat pemuda RW 06
Rumah mas Hantoro
3 jam
2.
Minggu, 15 juli 2012
07.00-11.00
Mengikuti gotong royong di kelurahan
Kantor lurah jetis
4 jam
3.
Selasa, 17 juli 2012
07.00-10.00
Mengecat pagar kelurahan
Kantor lurah jetis
3 jam
4.
Minggu, 15 juli 2012
15.30-17.30
Mengajar TPA
Mushola Al-muttaqin
2 jam
5.
Senin, 16 juli 2012
15.30-17.30
Mengajar TPA
Mushola Al-muttaqin
2 jam
8.
Rabu, 1 agustus 2012
07.30-09.30
Pengukuran tekanan darah
RW 06 jetis
2 jam
9.
Kamis, 2 agustus 2012
15.30-17.30
Bersih bersih jalan desa
RW 06 jetis
2 jam
10.
Jum’at 3 agustus 2012
07.30-11.30
Pengukuran tekanan darah
RW 06 jetis
4 jam
11.
Jum’at 3 agustus 2012
15.30-17.30
Membantu lomba 17 agustus
RW 06 jetis
2 jam
12.
Jum’at 3 agustus 2012
20.00-21.30
Membantu lomba 17 agustus
RW 06 jetis
1 jam 30 menit
13.
Sabtu, 4 agustus 2012
08.00-12.00
Membantu bersih bersih balai desa
Kantor balai desa
4 jam
14.
Minggu, 5 agustus 2012
07.00-09.00
Gotong royong di RT 02
RT 02 jetis
2 jam
Total jam
31 jam 30 menit

1.5 Rekapitulasi Jam
       Total dari jam yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata di Dusun Karasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
Kegiatan
Jumlah Jam
Pra pelaksanaan KKN
14 jam 30 menit
Pokok Individu
35 jam 30 menit
Pokok Unit
45 jam 30 menit
Bantu Teman
31 jam 30 menit
Bantu Masyarakat
31 jam 30 menit
TOTAL
158 jam 30 menit
BAB II
PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA
Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk yang memadukan ketiga unsur tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian masyarakat. UII sebagai Universitas Islam, menekankan pada Caturdharma yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah. Dalam kegiatan ini unsur dakwah islamiyah lebih ditonjolkan dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat langsung tehadap masyarakat.
Salah satu tujuan KKN adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa ( Personality Development ). Adapun salah satu unsur penunjang untuk mengembangkan kepribadian ini adalah melalui pengembangan segi persepsi, kognisi, dan sikap mahasiswa itu sendiri terhadap kondisi masyarakat tersebut.
Yang penulis dapat dari kegiatan KKN dalam melakukan proses pendampingan Pemberdayaan masyarakat terutama dari program-program yang penulis laksanakan, yaitu :
2.1.Program Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an
a.       Dapat bersosialisasi lebih dekat dengan masyarakat terutama anak-anak dan remaja.
b.      Penulis dapat memberikan informasi mengenai ilmu yang penulis peroleh di perkuliahan untuk langsung diterapkan di masyarakat Khususnya TPA.
c.       Menambah pengalaman tentang cara mengelola TPA.
d.      Menjadi lebih tahu bagaimana cara mengekspresikan ilmu yang telah dipelajari di dunia kampus dalam kehidupan bermasyarakat.
e.       Belajar dari kehidupan masyarakat desa mengenai arti kebersamaan, kegotongroyongan, toleransi, kepedulian dan hidup berdampingan sesama warga.

2.2.   Program Pembelajaran Bahasa Arab Anak-anak TPA
a.       Belajar bagaimana cara menyampaikan materi Bahsa Arab dengan bahasa yang disatukan dengan bahasa indonesia dan mudah difahami oleh anak-anak TPA yang tidak mendapatkan pelajaran Bahasa Arab di sekolah.
b.      Penulis dapat memberikan informasi mengenai ilmu yang penulis peroleh di perkuliahan untuk langsung diterapkan di masyarakat.
c.       Penulis dapat memperdalam ilmu yang telah dipelajarinya dengan cara mengajarkan kepada orang lain, sebagaimana pernah disinggung melalui sebuah hikmah “sebaik-baik belajar adalah mengajar”.
2.3.   Program Pembuatan Perpustakaan Islami
a.       Penulis dapat mengetahui cara bersosialisasi dengan masyarakat dalam hal mengajak warga untuk rajin membaca.
b.      Penulis dapat mengetahui pengetahuan orang dalam membaca buku.
c.       Penulis berusaha untuk mencari dan memperoleh buku-buku Islami yang bagus dan berkualitas.

Sikap individualisme dan mau menang sendiri harus dikesampingkan ketika dalam proses melaksanakan KKN, penulis harus menghargai dan menghormati sesama teman, masyarakat dan lingkungan sekitar KKN, karena penulis sadar bahwa tanpa bantuan orang lain program tidak akan berjalan dengan maksimal. Kuliah Kerja Nyata telah memberikan kami dan penulis khususnya suatu pandangan baru yang pasti sangat berguna bagi kami ketika kami terjun langsung kemasyarakat dalam arti yang sebenarnya
Selama mengikuti program KKN Reguler 1 antar waktu ini banyak hal yang bisa penulis dapat, antara lain: penulis bisa merasakan langsung bagaimana kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Penulis juga merasakan bahwa didalam masyarakat kita tidak dapat hidup sendiri, diperlukan suatu sikap saling menghargai, menghormati dan tolong menolong dan kerjasama antar warga agar tercipta suasana tenang,aman dan terkendali di lingkungan desanya. Satu hal penting lagi pelajaran yang bisa didapat bahwa masyarakat merupakan kumpulan orang yang masing-masing memiliki karakter dan pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, sikap sabar dan saling menghormati sangat diperlukan di sini. Benarlah suatu teori yang mengatakan “bahwasannya manusia tidak dapat hidup di masyarakat kecuali dengan keterampilan yang dimilikinya” Dan yang terakhir selama KKN ini sangatlah dirasakan bahwa dalam kehidupan berorganisasi sangat diperlukan partisipasi dan sikap proaktif dari seluruh anggota organisasi jika ingin tujuan bersama kita tercapai.

BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Program KKN yang dilaksanakan di Dusun Karasan ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada masalah yang berat. Program KKN ini dilaksanakan dalam kurun waktu ± 1 bulan.Bagi mahasiswa yang mengikuti KKN dengan benar, mereka akan merasakan betul berbagai problem empiris kemasyarakatan sehari-hari yang sebetulnya tidak kalah kompleks dan rumitnya dengan berbagai problem teoritis dan konseptual yang dipelajari di bangku perkuliahan kampus. Namun dalam melaksanakan beberapa program secara umum, penulis tidak mendapatkan kendala yang terlalu menghambat. Meskipun ada sedikit faktor kendala, namun semuanya itu dapat penulis lalui berkat bantuan dari masyarakat dan berbagai pihak. Dengan kata lain bahwa program yang penulis buat berjalan dengan baik dan lancar.
Adapun kesimpulan dari tiap kegiatan adalah:          
  1. Program Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an
Demi Peningkatan Kualitas anak anak TPA dalam membaca dan menulis Al Qur’an baik secara kognitif maupun psikomotorik,program ini dapat membantu anak-anak TPA dalam membaca menulis Al Qur’an serta praktek ibadah dengan baik dan benar.Walaupun kegiatan ini tidak dihadiri oleh anak-anak secara keseluruhan akan tetapi program ini bisa membantu dan sesuai dengan kemampuan penulis, dan program ini dapat berjalan dengan baik.
  1. ProgramPembelajaran Bahasa Arab anak-anak TPA
Program ini dapat membantu anak-anak yang masih sekolah di SD dan SMP yang mayoritas disekolah mereka tidak diajarkan Bahasa Arab dan mengenalkan kepada anak-anak Bahasa arab dasar yang mereka belum ketahui. Secara keseluruhan program ini dapat berjalan dengan lancar.
3.       Program Pembuatan Perpustakaan Islami
Program ini dibuat agar setiap warga Karasan baik anak-anak TPA maupun orang tua dapat gemar untuk membaca buku, walaupun dalam pengumpulan buku perpustakaan hanya dapat sedikit jumlah buku yang didapatkan.
Dengan adanya Kuliah Kerja Nyata ini, khususnya di Dusun Karasan, Kelurahan Jetis, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diharapkan semua mahasiswa dapat menjalin kerja sama dan dapat mengabdikan dirinya ke dalam masyarakat dengan menerapkan ilmunya sesuai didapat selama menempuh kuliah, sehingga dengan demikian diharapkan akan didapat suatu pengalaman kerja lapangan yang sesungguhnya dalam rangka menghadapi dunia kerja. Selain itu setiap mahasiswa KKN dituntut untuk dapat menjadi konektor atau penghubung yang akan menjembatani masyarakat dari pihak luar yang terkait dalam rangka peningkatan pembangunan fisik maupun non fisik.
Pada akhirnya penulis ingin menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa KKN untuk masa-masa yang akan datang masih sangat diperlukan sebagai pendamping sekaligus motivator dan fasilitator bagi warga masyarakat dalam rangka melaksanakan pembangunan baik yang bersifat materi maupun non materi.

3.2. SARAN-SARAN
3.2.1. Kepada Masyarakat Karasan
a.       Semoga dengan adanya program Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an, TPA Musholla Al-Muttaqin Dusun Karasan dapat menjadi lebih baik, baik dari sisi pengelolaannya maupun dari prestasinya. Semoga apa yang telah dijalani dapat diterapkan dengan baik, seperti membaca Al Qur’an, Menulis Al Qura’an, Praktek Ibadah, kelengkapan administrasi TPA, metode pembelajaran TPA yang efektif maupun dalam struktur kepengurusan TPA.
b.      Semoga pembelajaran Bahasa Arab di Musholla Al-Muttaqin bagi anak-anak SD dan SMP dimanfaatkan dan dikembangkan dengan sebaik baiknya dan menjadi dasar untuk mengenal bahasa arab walaupun hannya sedikit, lebih baik mengerti satu kata dalam bahasa arab dan mengembangkannya dari pada mengerti banyak kata dalam bahasa arab tetapi tidak dikembangkan.
c.       Semoga dengan adanya perpustakaan Islami di Musholla Al-Muttaqin dapat menjadikan warga di Dusun Karasan menjadi gemar membaca. Dan mengetahui tentang Islam. Semoga perpustakaan di Musholla Al-Muttaqin bisa lebih berkembang.

3.3. REKOMENDASI
a.       Kepada seluruh perangkat Dusun dan para tokoh masyarakat yang telah membimbing dan memberi arahan/masukan.
b.    Kepada seluruh warga masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dan bekerjasama.
c.       Kepada DPL yang telah memberikan bimbingan dan arahan.
d.   Kepada rekan-rekan KKN UII yang telah memberikan yang terbaik bagi semua warga masyarakat
Demikianlah Laporan Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia (KKN UII) antar waktu ini disusun sebagai salah satu syarat penilaian kegiatan KKN. Penyusun sangat berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak.